Rabu, 30 Januari 2008

Fenomena Karet Bintik

Banyak pemain yang begitu handal saat melawan pemain dengan karet polos/biasa (inverted) mati tak berdaya saat melawan pemain yang menggunakan karet antispin, bintik panjang (longpips) ataupun bintik pendek (shortpips). Adapun persoalan utamanya adalah karena karet tersebut menghasilkan efek yang tidak sama dengan karet polos/biasa (inverted).

Untuk dapat bermain dengan baik dan dapat memenangkan pertandingan melawan pemain yang tidak menggunakan karet biasa/polos (inverted) maka harus mengetahui karakter/ciri-ciri dari karet jenis tersebut dan menjalankan taktik permainan yang tepat.

Karakter

Pada umumnya jenis karet antispin, bintik panjang dan bintik pendek mempunyai karakter yang sama, yaitu bola yang datang setelah terjadi kontak dengan karet tersebut tidak cepat/lambat. Namun selain itu masing-masing karet tersebut mempunyai karakter yang khusus sebagai berikut :

Antispin, setelah bola kontak dengan karet ini maka efek yang timbul antara lain adalah spin berkurang (bahkan hilang), bola cenderung mendarat pendek di atas meja. Dan bagi pemain bergaya blocker karet ini baik untuk melakukan push pada service pendek dan memblok serangan yang mengandung spin.

Bintik Panjang, setelah bola kontak dengan karet ini maka efek yang timbul antara lain adalah mengubah jenis bola yang datang (misal bola top spin akan berubah menjadi back spin), menambah kekuatan spin yang datang, dengan mem`push` bola yang bermuatan back spin akan menghasilkan top spin yang ringan, dengan melakukan chop ke arah bawah terhadap bola back spin maka akan menghasilkan kembalian back spin yang maximum.

Bintik Pendek , setelah bola kontak dengan karet ini maka efek yang timbul antara lain adalah hanya mengurangi kekuatan spin yang pada bola (misalnya bola top spin akan menghasilkan top spin juga tapi dengan kekuatan yang ringan) . Karet ini dapat juga digunakan untuk melakukan pukulan spin (ringan).

Taktik Permainan

Setelah mengetahui dan memahami efek-efek bola yang dihasilkan karet antispin, bintik panjang dan bintik pendek, maka untuk dapat memenangkan pertandingan harus diterapkan taktik yang tepat, sebagai berikut :

Melawan Antispin, posisi harus selalu dekat dengan meja, lakukan servis panjang dengan spin yang sedikit (kosong lebih baik), prosentase serangan lebih banyak ke sisi karet antispin, gunakan pukulan dengan spin yang ringan untuk mendapatkan `return bola` yang baik dan segera dilanjutkan dengan pukulan yang mematikan, ikuti dulu gaya permainan mereka sambil tunggu suatu kesempatan yang baik untuk menyerang.

Melawan Bintik Panjang, posisi harus selalu dekat dengan meja, lakukan servis panjang, jangan melakukan loop/pukulan spin berulang-ulang dengan irama yang sama, gunakan push cepat dan panjang selanjutnya lakukan serangan, sering gunakan bola panjang tanpa spin untuk menekan

Melawan Bintik Pendek , posisi harus selalu dekat dengan meja, lakukan servis panjang dengan backspin untuk menghasilkan `return bola` yang siap untuk dimatikan, gunakan push keras dan panjang untuk menekan, gunakan pukulan top spinn yang keras untuk mematikan

Latih Tanding

Setelah kita mengetahui dan memahami efek-efek yang dihasilkan oleh karet antispin, bintik panjang dan bintik pendek serta taktik yang tepat untuk menghadapinya, maka satu hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah sering melakukan latih tanding dengan pemain yang menggunakan jenis karet tersebut agar terbiasa dengan efek-efek yang ditimbulkan (cuplikan setyo Club)

Tidak ada komentar: